Jumat, 26 November 2010

tugas fisika kelas X

Assalamu'alaikum...Apa kabar anada...salam sejahtera...
Silahkan ananda download file ini.  File ini berisi soal persiapan ujian semester. Dikumpul ketika belajar fisika di sekolah (kamis dan jum'at).. 
Selamat Belajar..
Wassalam dari Febrianto, M.Si

soal ebtanas tentang mekanika





download disini

Rabu, 24 November 2010

NILAI UH 3 KELAS XI

Assalamu'alikum...Halo..apakabar ananda...
Nama Nilai
Bunga Ayu Andini 97
Conny febiola 89
Dea Yolanda 97
Dzil 'Arifah Hasni 89
Endang Oktayani 95
Fitri Lestari 94
Fitria Rahmadani 91
Ichlas Muttaqin 78
Ivan Marino 86
M Ikhwan Wajdi 82
M ZiKrillah 86
Mita Roza 97
Monica Eka Yulianda 92
Nanda Putra 93
Putri Wulandari 98
Rahmadwitya Yulinast 90
RizKy Hidayat 93
Shindy Mawaddah 91
TaufiKah Rahmah 93
Welly Risa 98
Yogi Sagita Azwar
Yulia Rahmi 99
Yulisdiawati 88
Zelly BaKri 97
Afdhal 88
Enmufida 95
Fauzi
Hafizah Nur Haferi 85
Ira Rahayu 93
Irham Pratama Putra
Izzatul Muslimah 91
M RezKy 88
Mayang Berliana 99
Mutya Yuliandri 96
Nayomi Valenzia 84
Putri Nailurrahmah 88
Ranty Putri Adelysa 91
Rintan Permata Sari 93
Suci Nelsa 84
Sumri Utami 88
Syandi Mufti Putra 95
Tri Wahyu Legawa 94
Winna Anggraeni
Wiranti Dwi Rahmadini 92
Yufa Yulindra 91
Yuliarnis 87
Sitra w 91
Ismi Ongga Rahmat 87
Elza HA 91

Selasa, 23 November 2010

NILAI UH2 FISIKA KELAS XII.IA

nama Nilai
Ade Y 96
Adelina PY 98
Adelita F 9
Chusnul C 91
Chyara Elisa 86
Dian NZ 90
Dwi Putri SD 92
Ferry F 93
Fitra A 92
Fitri H 93
Hafda PHW 93
Hafid R 88
Hanif G 95
Haris S 93
Ijran M 100
M Abi R 73
M Ridho W 90
M Yogie TP 93
Muthya H 88
Nurhabiba E 99
Nuzula M 91
Okky W 91
Primananda 83
Puti HK 97
Rahmi F 79
Rahmizakia R 83
Ranti 91
Ridho F 89
Rika RF 99
Rindang A 89
Ringga RP 87
Rizki H 97
Rolita EP 82
Roni S 93
Ryando P 95
Sri Danti FM 88
Teguh FS 86
Ulfa N 89
Wahyu Ra 99
Wildan R 91
Noname 89

Suasana Kerja Seharusnya Selalu “Fun”

Suasana Kerja Seharusnya Selalu “Fun”
Oleh: Marjohan, M.Pd
Guru SMAN 3 Batusangkar

Bekereja adalah kebutuhan manusia dan lingkungan tempat bekerja bisa jadi di rumah, di sekolah, di kantor, di pabrik, di perbankan, di lembaga swasta, dan lain-lain. Suasana di tempat kerja bisa menyenangkan dan juga bisa membosankan. Suasana di tempat kerja bisa jadi membosankan gara-gara karakter yang kaku tumbuh pesat. Karakter ini bisa membuat banyak orang menjadi stress dan pekerjaan terasa beban yang berat. “Apakah pekerjaan terasa sebagai beban hidup ?,...wah ini tidak perlu”. Suasana begini terjadi karena kita terjebak dalam suasana kaku, beku dan juga suka “jaga imej” alias mahal senyum. Karakter ini selalu kita pelihara sepanjang hari di tempat kerja.

Kegembiraan dalam bahasa Inggris adalah “fun”. Kegembiraan di tempat kita bekerja dan juga di tempat belajar, seharusnya menjadi trend yang baru. Banyak orang makin menyadari manfaat atas kata “fun” ini. Di beberapa tempat bisnis (pendidikan berkualitas, tempat bermain, perdagangan) banyak orang memajang kata “fun atau kegembiraan” sebagai daya terhadap pelanggan, ya karena di sana betul-betul ada pelayanan dengan aktivitas yang menyenangkan.

Kegembiraan di tempat kerja merupakan satu-satunya ciri penting dari organisasi dan sekolah yang terkenal kesuksesannya. Banyak orang dapat melihat dan merasakan hubungan langsung antara kegembiraan di tempat kerja dengan kreatifitas mereka. Untuk dunia pendidikan adalah kegembiraan siswa dengan hasil belajar mereka. Tempat kerja yang menyenangkan akan membuat seseorang bisa jadi produktif, bersemangat dan merasa puas. Mereka juga mempunyai rasa memiliki, rasa dilayani atau rasa melayani yang tulus.

“Fun” tidak hanya harus dilakukan oleh seseorang tapi juga oleh perusahaan. Sebuah perusahaan bisa sukses karena telah menjandikan kegembiraan (fun) sebagai bagian dari budaya perusahaan. Kegembirran telah menjadi strategi organisasi untuk mencapai hasil yang luar biasa di tempat kerja tersebut, mulai dari sesi pelatihan, rapat, hingga praktik perekrutan semuanya penuh dengan suasana “fun”.

Kalau begitu kegembiraan adalah elemen penting dalam kelangsungan hidup. Namun mengapa kita sering melupakannya dan menyisihkasnnya dari kehidupan kita. Gara-gara suasana kegembiraan kita buang atau kita jauhkan dari hidup maka ketegangan bisa timbul dalam jiwa kita. Diperkirakan bahwa awal dari munculnya gangguan jiwa adalah karena hilangnya perasaan senang dalam hidup ini. Coba amati, pasti teman-teman kita yang lagi stress atau depresi terjadi karena suasana “fun” sudah jauh dari mereka.

Sebenarnya suasana fun atau kegembiraan dapat kita ekspresikan dalam bentuk humor. Ya, bahwa humor bisa membantu seseorang dalam melewati krisis dan perubahan dalam hidup. Kegembiraan mampu membantu kita untuk mengendurkan ketegangan dalam fikiran. Dengan kata lain bahwa kegembiraan (mungkin dalam bentuk humor) dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menghadapi stress.

Orang-orang yang mampu mengintegrasikan kegembiraan ke dalam pekerjaan akan membuat mereka betah berada di tempat kerja. Siswa yang bergembira di kelas akan betah berada di sekolah. Kegembiraan yang diciptakan di tempat kerja (begitu juga untuk di sekolah) akan menular satu sama lain.

Umumnya fokus kegiatan yang kita lakukan dalam lingkungan tempat kerja meliputi kegiatan berkomunikasi, memberikan pelatihan, dan mengikuti rapat. Hemasth dan Yerkes (1997) mengatakan bahwa seharusnya setiap orang tidak perlu berpenampilan serius saat bekerja, tetapi cobalah untuk tertawa. Komunikasi mereka (kita) tidak perlu kaku, namun kita juga boleh membuat lelucon atau guyon. Kemudian bila kita memberikan pelatihan, maka kita tidak perlu berbelit-belit/ bertele-tele. Idealnya kita musti mempelajari saja hal- hal yang fundamental/ penting. Selanjutnya dalam rapat maka setiap individu perlu memperoleh penghargaan. Berikut ini adalah prinsip-prinsip bagaimana kita bisa “fun” dalam bekerja agar selalu enjoy dalam bekerja dan jauh dari suasana stress dan rasa bosan.

1). Sempatkan tertawa/ tersenyum saat bekerja. Siapa saja dapat menciptakan tempat kerja yang menyenangkan karena suasana menyenangkan berpengaruh positif pada produktifitas. Untuk meng-update lingkungan kerja dengan semangat yang penuh gembira maka kita harus menghargai kegembiraan sebagai hal penting. Kita harus yakin bahwa kegembiraan itu sangat essential. Jika kita ingin kegembiraan meresap ke dalam budaya kerja maka kita musti memulainya dengan diri sendiri, yaitu berusahalah untuk ceria.

Sebuah lingkungan kerja yang mendorong tumbuhnya suasana “fun” atau kegembiraan bisa ditandai oleh adanya energi positif. Di lingkungan ini musti ada penghargaan diri yang tinggi, dan semangat kerja sama- atau kerja kelompok. Untuk dapat melatih setiap orang agar dapat melakukan apa saja, maka terlebih dahulu kita harus memiliki motivasi. Suasana “fun” sendiri bisa meningkatkan motivasai. Kalau pekerjaan dan lingkungan kerja sudah menyenangkan maka hasilnya akan lebih baik.

Suasana kerja yang terlalu serius dapat mematikan semangat kerja. Banyak orang di tempat kerja yang terlihat serius, akibatnya kita dan juga setiap orang yang berada di dalamnya bisa menjadi stress. Orang yang bekerja dalam keadaan stress maka sifat kreatifnya akan rusak. Siswa yang belajar dalam keadaan stress juga tidak akan begitu kreatif. Di tempat kerja yang serius, maka humor dan keceriaan adalah hal yang langka. Padahal humor itu sendiri bisa akan memudahkan hubungan antar manusia. Humor dan lelucon yang tidak menyakitkan hati seseorang dapat menciptakan kegembiraan bagi kita dan teman di tempat kerja. Selanjutnya suasana yang humoris dan suasana ceria membuat setiap orang bisa beraktivitas tanpa ada rasa takut.

Dari pengalaman di dunia pendidikan terlihat bahwa guru yang memiliki rasa humor akan bekerja (mengajar) lebih baik daripada guru yang kurang memiliki rasa humor. Guru yang punya rasa humor akan menikmati pekerjaan/ profesinya. Seorang siswa yang berkarakter “serius dan gampang mendongkol” akan bekerja dengan suasana hati yang kurang enjoy dan hasil belajarnya juga akan nihil.

Adalah fenomena dalam masyarakat kita bahwa kehadiran anak anak dan bayi umumnya disambut gembira oleh anggota keluarga. Kedatangan anak-anak ke Play Group, TK dan PAUD juga disambut gembira guru pengasuh dan pembina. Para pedagang juga menyambut kedatangan pembeli. Namun tidak demikian halnya dengan kedatangan dan kehadiran siswa di SD, SMP, SMA/MA dan SMK. Mereka tidak lagi memperoleh perlakuan khusus. Kecuali pada beberapa sekolah yang menerapkan pelayanan unggul, “memberikan senyum, keramahan dan suasana yang menyenangkan”, hingga semua siswa akhirnya menjadi betah berada di sekolah. Idealnya suasana penyambutan siswa dan anak harus dihidupkan lagi. “Sambutlah kedatangan anak ke rumah, ke datangan siswa ke sekolah, ke datangan klien ke tempat bisnis” niscaya mereka merasa betah dan mereka menjadi kreatif.

2). Musik, selain suasana humoris, dan bercanda, menghidupkan musik juga bisa mendatangkan suasana gembira. Musik adalah bahan bakar yang bisa mendatangkan suasana “fun” atau kegembiraan. Penulis masih ingat bahwa ada seorang teman yang bekerja di percetakan. Ia selalu mendengar/ memutar musik yang ia sukai, maka produktivitasnya jadi meningkat “kalau tidak pakai musik aku merasa bosan dan mengantuk di ruangan ini”. Karyawan yang mendengarkan musik di tempat kerja akan merasa lebih antusias dan lebih santai. Hal yang kontra, penulis pernah mengajar pada sebuah sekolah berasrama (boarding school). Kebijakan di sana bahwa para siswa dilarang memutar music karena dianggap mengganggu belajar, namun akibatnya siswa menjadi agressif, bosan dan satu demi satu pindah dari boarding school ke sekolah lain. Kini sekolah tersebut selalu kekurangan murid sepanjang tahun, malah terancam akan gulung tikar.

3). Komunikasi adalah kunci dari kelangsungan aktifitas di tempat kerja. Komunikasi sebaiknya juga diekspresikan dengan suasana riang gembira. Mengapa banyak tempat kerja suasana komunikasainya serba serius, miskin bercanda dan tertawa? Yak arena banyak orang beranggapan bahwa bekerja itu harus serius dan bercanda itu dianggap bermain-main. “Tidak ada waktu, tidak cukup dan tidak akurat suasananya...!” Keluhan itulah yang paling sering didengar ketika seseorang membicarakan proses komunikasai di tempat kerja. Akhirnya orang suka menutup diri. Menutup diri berarti tidak lancer berkomunikasi dan memperoleh informasi. Kurangnya informasi bisa menjadi faktor penentu dalam keberhasilan atau kegagalan dalam mengambil keputusan, negosiasi dan hubungan social.

Seorang karyawan yang tidak memperoleh informasi tentu tidak akan bertanggung jawab secara penuh “Wah aku tidak diberitahu dan aku tidak mau bertanggung jawab”. Informasi adalah kekuatan- information is power. Tempat kerja (begitu juga dengan lingkungan sekolah dan rumah) yang sehat emosinya harus kaya dengan informasi. Model pendekatan terbuka sangat tepat untuk meningkatkan keterlibatan dan pengayaan informasi pada anggota (juga terhadap karyawan dan siswa).
Informasi di tempat kerja perlu disampaikan dengan cara yang tepat dan dengan kepekaan. Jika suasana komuniksasi sangat menyenangkan dan mengesankan maka kita akan memperoleh perhatian dari orang yang diajak dalam berkomunikasi. Komunikasi juga merupakan kunci penting untuk meraih keberhasilan dalam aktifitas di tempat kerja.

Bila kegembiraan telah menjadi budaya kita, maka kita (dan banyak orang) akan lebih santai dan terbuka untuk memikirkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Sebuah senyuman akan berpengaruh positif pada suara kita. Orang biasanya akan merespon kita lebih baik jika kita tersenyum saat berbicara dengan mereka. Kalau kita perhatikan fenomena di zaman phone mobile ini bahwa orang tidak hanya tersenyum saat berbicara langsung, namun saat menelpon orang juga tersenyum dengan partner yang tidak terlihat yang jaraknya mungkin puluhan kilometre.

Orang yang suka jaim (jaga imej- istilah anak muda sekarang untuk orang yang mahal senyum) mungkin sering komunikasai mereka tidak lancar. Padahal dalam memuluskan komunikasai, senyum bisa menjadi kunci keberhasailan atas aktifitas mereka. Komunikasi yang buruk akan bisa menciptakan kerumitan dan kebingungan. Orang yang berbahagia adalah orang yang memperhatikan kualitas komunikasi- menciptakan suasana kegembiraan dan mengurangi konflik, hingga akhirnya setiap orang akan merasa puas.

4) kegembiraan dalam Pelatihan dan rapat. Pelatihan dan rapat adalah dua bentuk kegiatan yang selalu ada di tempat kerja. Idealnya pelatihan jangan bertele-tele, tetapi harus menyentuh hal-hal yang fundamental (hal yang mendasar). Sering suasana rapat sangat membosankan. Yang berbicara adalah orang yang berbakat ngobrol dan sisanya menjadi pendengar atau menjadi pelengkap saja, dimana mereka tiap saat selalu melihat putaran jam dan berharap agar rapat segera berakhir.

Rapat itu idealnya harus bersuasana gembira. Bayangkan, biaya rapat itu kadang-kadang cukup mahal. “Ya ada biaya transport, biaya konsumsi, biaya key noter-speaker”. Namun apakah ada hasil sepadan yang diperoleh ? Apalagi kalau rapat diwarnai oleh pemimpin yang killer atau yang pemarah. Seharusnya suasana rapat juga harus gembira, karena gembira bisa menjadi katalis untuk sebuah rapat yang efektif. Kegembiraan dan humor juga dapat digunakan dengan tepat. Ini dapat mengurangi ketegangan dalam rapat dan menciptakan suasana yang mendorong terciptanya dialog yang terbuka, adanya keberanian untuk mengungkapkan opini dan keterbukaan pemikiran.

Dalam rapat dan dalam berkomunikasi sangat mutlak diselipkan unsure penghargaan. Karena penghargaan adalah alat manajemen yang paling efektif dalam mengurus sosial, namun kita (dan banyak orang) kadangkala kurang memanfaatkannya. “Semua orang ingin penghargaan, bukan ?”.
Ya, semua orang butuh penghargaan. Kita tahu bahwa saat menghargai orang maka mari kita bumbui dengan kegembiraan (dengan senyum), agar suasananya jadi lebih hidup dan akan selalu dikenang orang. Kalau ada orang yang berfikir bahwa keseriusan adalah milik orang dewasa, orang yang senang bercanda dianggap “ke kanak-kanakan”. Kalau boleh kita tidak seperti demikian. Karena orang dewasa yang berkarakter serba serius akan mudah jadi tegang dan stress. Oleh sebab itu, sekarang mari kita berfikir bahwa suasana “fun” (bergembiraan dan bercanda) juga harus dilakukan oleh orang dewasa saat bekerja, ini perlu dilakukan agar suasana di tempat kerja selalu menyenangkan.

Catatan: Hemsath, Dave dan Leslie Yerkes. 1997. 3001 Cara Agar Fun Di Tempat Kerja. Jakarta: Erlangga.

Sabtu, 20 November 2010

Persiapan UH 3 Kelas XI.IA

Assalamu'alaikum...jawab dong salamnya...Ok ananda semua..ini ni..nich..yang ananda tunggu2...Sebenarnya byk lagi soal yang mau Bpk bagikan buat ananda..tapi daya bapak hanya 2 Watt..brpkah gaya yg bpk berikan?he..he..soal ttg daya keluar ya...he..he...memang pelajaran kita ini byk aplikasinya dalam kehidupan sehari2...Ok..Selamat berlatih..jgn baca doaaang..dicopy trus bagikan kekwn2..dan diskusikan ok..bgi yg pintar ajari tmnnya..jgn pelit lho..bgi yg krg mampu..tau diri doong...tanya ke kwn2 kek..atau pak guru nek..he..he...jgn diamin azaa...eh salah aja..
1. F = (4i – 3j) N dan s = (3i - 4j) m. Besar usaha ….
2. F = (6i + 8j) N , s = (12i + p j) m dan W = 32 J. p = ….. dan nilai cosinus sudut antara F dan s?
3. Sebuah benda bermassa 1 kg diam terletak pada bidang datar yang licin. Jika benda ditarik dengan gaya 10 N mendatar. Hitunglah besar usaha saat t=6 s!
4. Sebuah benda bermassa 4 kg dijatuhkan dari ketinggian 21 m dengan kecepatan awal 0,5 m/s. Berapakah energi potensial dan energy kinetic benda saat t = 1 s?
5. Sebuah benda bermassa 4 kg dilempar vertical ke atas dengan kecepatan 20 m/s pada ketinggian 1 m. Berapakah perbandingan energy potensial dengan energy kinetic saat benda bergerak 1 s?
6. Sebuah benda bermassa 6 kg mula-mula diam meluncur pada bidang miring licin dari ketinggian 1 m. Berapakah ketinggian benda saat energy kinetic sama dengan ¼ energy mekaniknya?
7. Seorang anak menaiki ayunan (massa total 40 kg) dari ketinggian 70 cm dan ketinggian terendah 40 cm. Berapakah kecepatan ayunan saat posisi terendah?
8. Posisi terendah pada sebuah ayunan (m= 1 kg) adalah 40 cm. Pada posisi tertinggi rantai ayunan membentuk sudut 53o terhadap garis vertical. Jika panjang rantai 2 meter, berapakah energy potensial saat posisi tertinggi. Berapakah kecepatan ayunan saat posisi terendah
9. Si Eti bermassa 50 kg berlari dari kecepatan 2 m/s. Berapakah usaha yang dilakukan? untuk menempuh jarak 1,2 km ditempuh dalam waktu 8 menit.
10. Sebuah benda 2 kg yang diam ditarik dengan gaya mendatar sebesar 4 N sehingga kecepatannya menjadi 5 m/s. Hitung besar daya untuk benda tersebut!
11. Sebuah benda (2 kg) mula-mula diam ditarik dengan gaya konstan 4 N selama 3 s. kemudian gayanya dikurangi secara beraturan sampai gayanya nol dalam waktu 7 s. Hitunglah besar daya!
12. Sebuah benda ditarik dengan gaya konstan 4 N sejauh 5 m dalam waktu 3 s. kemudian gayanya dikurangi secara beraturan sampai gayanya nol dalam waktu 7 s. Jika jarak total adalah 12 m, hitunglah besar daya!
Tapi ingat...jgn lupa berdo'a...dan minta restu sama ortu..kalo udah..ninggal jadi anak sholeh..amiin..
Wassalam dari guru idolamu..Febrianto, M.Si.

Jumat, 19 November 2010

TUGAS

Assalamu'alikum...Oh ya selamat bagi yang nilainya bagus..tapi jgn sombong ya..
Ini adalah tugas fisika..dibuat pada buku PR..dan buat jalannya..Oh ya..remedi dilaksanankan hari sabtu depan sekaligus tugas ini dikumpul serta buku laporan praktikum..ok...
1. Diantara kelompok besaran di bawah ini yang hanya terdiri dari besaran turunan saja adalah ….
A. kuat arus, massa, gaya
B. suhu, massa, volume
C. waktu, momentum, percepatan
D. usaha, momentum, percepatan
E. kecepatan, suhu, jumlah zat
2. Dua buah satuan berikut yang merupakan satuan besaran turunan menurut Sistem Internasional (SI) adalah ....
A. km jam –1 dan kg cm-1
B. joule.sekon –1 dan dyne meter –1
C. newton.sekon dan g cm-3
D. liter dan newton cm
E. kg meter-3 dan newton.meter
3. Daya dapat ditentukan dari perkalian gaya dengan kecepatannya P = F.v Dimensi daya adalah ….
A. MLT-2 D. ML2 T-2
B. MLT2 E. ML2 T-3
C. ML2 T-1
4. Besaran yang memiliki dimensi ML2T -2 adalah ….
A. gaya D. momentum
B. daya E. usaha
C. tekanan
5. Tentukan hasil pembacaan jangka sorong yang digunakan untuk mengukur diameter kelereng seperti pada gambar.

A. (3,2700 ± 0,005 ) cm
B. (3,2700 ± 0,0025 ) cm
C. (3,2140 ± 0,005 ) cm
D. (3,2140 ± 0,0025 ) cm
E. (3,214 ± 0,005 ) cm

6. Aghnia mengukur tebal penghapus pensilnya dengan mikrometer. Posisi pengukurannya dapat terlihat seperti pada gambar.

Tebal penghapus yang terukur sebesar....
A. 13,2 mm D. 1,32 mm
B. 10,32 mm E. 1,032 mm
C. 10,3 mm

7. Pada pengukuran panjang benda diperoleh hasil pengukuran 0,7060 m. Banyaknya angka penting hasil pengukuran tersebut adalah ….
A. dua D. lima
B. tiga E. enam
C.empat
8. Sebuah zat cair ditimbang massanyasebesar 457 gr. Sedangkan volumenya sebesar 25 ml. Massa jenis zat cair tersebut adalah ….
A. 18,28 gr/ml D. 18 gr/ml
B. 18,3 gr/ml E. 19 gr/ml
C. 18,0 gr/ml
9. Besaran-besaran berikut yang dipengaruhi arahnya adalah ....
A. massa D. jarak
B. waktu E. kecepatan
C. usaha
10. Empat buah vektor A,B, C dan D memiliki arah dan besaran seperti pada gambar berikut : pernyataan yang benar adalah
F. A + C = B
G. A + B = C B
H. B + C = A
I. B - C = A A
J. A + B + C= 0
C

11. Vektor a = 3 satuan, vektor b = 4 satuan dan a + b = 5 satuan, besar sudut yang diapit oleh vektor a dan b adalah ….
A. 90o D. 120o
B. 45o E. 180o
C. 60o

12. Dua buah gaya sama besar yaitu 10 N membentuk sudut 120o satu sama lain. Selisih kedua vektor tersebut adalah....
A. 0 N
B. 10 N
C. 10√2 N
D. 10 √3 N
E. 20 N

13. Perhatikan gambar. Proyeksi vector pada arah vertikal dan horizontal sebesar ....
A. 15 N dan 15√3 N
B. 15√3 N dan 15 N
C. 15√2 N dan 15√2 N
D. 30 N dan 30√3 N
E. 30√3 N dan 30 N

14. Perhatikan vektor-vektor yang besar dan arahnya terlukis pada kertas berpetak seperti gambar di samping. Jika panjang satu petak adalah dua Newton (N), maka besar resultan kedua vektor adalah ....
A. 16 N
B. 18 N
C. 20 N
D. 22 N
E. 24 N







15. Sebuah partikel bergerak pada sumbu X dari titik A ingin menuju B tetapi melalui titik C terlebih dahulu, ternyata membutuhkan waktu 10 sekon. Jika setiap skala 1 m maka partikel telah menempuh lintasan sepanjang ...


.

A. 3 m D. 8 m
B. 4 m E. 10 m
C. 7 m
16. Seseorang berjalan lurus 30 m ke barat dalam waktu 70 sekon dan kemudian 20 m ke timur dalam waktu 30 sekon. Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata orang tersebut dalam perjalanannya adalah ....
A. 0,5 m/s dan 0,1 m/s ke barat
B. 0,1 m/s dan 0,1 m/s ke timur
C. 0,1 m/s dan 0,1 m/s ke barat
D. 0,5 m/s dan 0,1 m/s ke timur
E. 0,5 m/s dan 0,5 m/s ke utara
17. Sebuah benda bergerak dengan persamaan r = 3t. r dalam meter t dalam sekon. Besar kecepatan rata – rata benda dalam selang waktu t = 2 s sampai t = 3 sadalah :.... ( m/s)
A. 1 D. 4
B. 2 E. 5
C. 3

18. Sebuah mobil bergerak lurus dengan grafik kecepatan terhadap waktu seperti gambar.

Pada interval waktu antara 10 hingga 12 detik, mobil bergerak ....
A. lurus diperlambat dengan perlambatan 10 m/s2
B. lurus dipercepat dengan percepatan 10 m/s2
C. lurus dipercepat dengan percepatan 5 m/s2
D. lurus diperlambat dengan perlambatan 5 m/s2
E. lurus beraturan dengan kecepatan tetap 10 m/s

19. Sebuah benda bergerak dari sebuah titik yang berjarak 10 m dari A melalui garis lurus menuju A. Jika kecepatan benda 1,5 m/s maka setelah 4 sekon kedudukan benda dari A sejauh ....
A. 16 m D. 4 m
B. 14 m E. 2 m
C. 6 m

20. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 2 m/s arah sumbu X positif kemudian diperlambat hingga dalam waktu 5 detik mencapai kecepatan 6 m/s arah sumbu X negatif. Percepatan rata-rata gerak benda adalah ....
A. 0,8 m/s2 arah X positif
B. 0,8 m/s2 arah X negatif
C. 1,6 m/s2 arah X positif
D. 1,6 m/s2 arah X negatif
E. 8 m/s2 arah X negatif

21. Seorang mengendarai mobil dengan kecepatan 90 km/jam, tiba-tiba melihat seorang anak kecil di tengah jalan pada jarak 200 m dimukanya. Jika mobil direm dengan perlambatan maksimum sebesar 1,25 m/s2, maka terjadi peristiwa ....
A. mobil tepat akan berhenti di muka anak itu
B. mobil langsung berhenti
C. mobil berhenti jauh di muka anak itu
D.mobil berhenti sewaktu menabrak anak itu
E. mobil baru berhenti setelah menabrak anak itu

22. Sebuah batu dilempar vertikal ke atas dari menara yang tingginya 80 m dan mencapai tanah dalam waktu 10 detik. Jika g = 10 m/s2, maka kecepatan awal batu dilemparkan adalah ….
A. 12 m/s D. 50 m/s
B. 42 m/s E. 60 m/s
C. 48 m/s

23. Benda A dan B bermassa sama 0,5 kg, diikatkan pada tali secara berurutan seperti gambar, lalu diputar sehingga melakukan gerak melingkar beraturan secara horisontal dengan kecepatan di ujung luar tali 3 m/s. Bila OA = 1 m dan AB = 2 m, maka perbandingan percepatan sentripetal tali yang terjadi pada tali AB dengan OA adalah ….
A. 1
B. ½
C. 2/3
D. ¾
E. 3/2

24. Untuk sistem roda seperti pada gambar di bawah, RA = 50 cm, RB = 20 cm, RC = 10 cm

Jika roda A memiliki kelajuan linier 1 m/s maka kecepatan sudut roda C
dalam rad/s adalah .…
A. 0,2 D. 4
B. 1 E. 8
C. 2

25. Seorang Hercules memutar benda bermassa 4 kg yang diikatkan pada tali yang panjangnya 6 m dengan kelajuan konstan 12 ms-1, maka besar gaya sentripetal benda tersebut adalah ....
A. 96 N D. 12 N
B. 86 N E. 8 N
C. 16 N

26. Sebuah benda yang dikenai gaya dapat bergerak dengan kecepatan konstan v. Besar gaya total yang bekerja pada benda tersebut adalah ….
A. bergantung pada M
B. nol
C. bergantung pada besar v
D. tidak bergantung pada besar v
E. tidak bergantung pada M

27. Sebuah balok 5 kg ditarik oleh gaya mendatar F pada lantai licin, ternyata menghasilkan percepatan 4 m/s2. Jika balok ditumpangi massa lain sebesar 3 kg, maka percepatan balok sekarang adalah ….
A. 12 m/s2 D. 2,5 m/s2
B. 8 m/s2 E. 1,2 m/s2
C. 4 m/s2

28. Di bawah ini yang merupakan gesekan yang menguntungkan kecuali ....
A. Permukaan tapak sepatu yang dibuat kasar
B. Ban mobil yang di buat gerigi
C. Gesekan antar bagian- bagian mesin
D. Mor dengan baut
E. Permukaan jalan yang kasar

29. Balok yang cukup berat berada di atas lantai mendatar licin ditarik gaya F = 100 N seperti pada gambar berikut.

Jika massa balok 2 kg maka besar percepatan benda adalah…m/s2.
A. 10 D. 40
B. 20 E. 50
C. 30

30. Sebuah balok bermassa 5 kg. Jika g = 10 m.s2 maka tentukan:
a. berat balok,
b. gaya normal jika balok diletakkan di atas bidang datar,
c. gaya normal yang bekerja pada balon jika diam di atas bidang miring yang membentuk sudut 300 terhadap horisontal!

31. Sebuah benda dengan berat w meluncur pada bidang miring yang licin. Bidang miring membentuk sudut α terhadap bidang mendatar. Komponen gaya berat yang mempengaruhi besar percepatan benda adalah ….
A. w D. w/2
B. w sin α E. w cos α
C. w tg α

32.Balok A = 8 kg dan balok B = 2 kg disambungkan dengan tali yang melalui katrol seperti gambar. Jika gaya gesek dan massa katrol diabaikan maka tentukan percepatan dan tegangan tali saat dilepaskan!
33.Sebuah lift bermassa 600 kg dipakai untuk menaikkan atau menurunkan beban yang bermassa 400 kg, lift dipercepat beraturan dari diam menjadi 2 m/s dalam 5 m. Jika g = 9,8 m/s2 dan lift bergerak ke atas, maka gaya tegang tali penggantung lift adalah ….
A. 10200 N D. 7200 N
B. 94000 N E. 6400 N
C. 8400 N

NILAI UH 2 KELAS X

Assalamu'alaikum...Apa kabar ananda...? Penasaran ya...? he..he..asal jgn mati penasaran aja...
Nama Nilai
Aan Saputra error
AdeK ChairunnisaK 90
Adria S 89
Agung L 64
Alfi RS 86
Alfi Solehan error
Alief Ikhwana 84
Alrazi A error
Arif Rizaldi Prasetya 77
AtiKa 79
Aulia R 79
Dalias 55
Daniel AN 74
Deasy P 81
Dedet Darma Yanda 95
Dewi Khairani 69
Ega TM 40
Fadhila Anwar 75
Fajar E 78
Ferdhian A 64
Fidhiyah R 64
Fitrah F 79
Fitri Y 77
Hafidh AP 73
Hanagia S 91
Hanifatul H 61
Hermi E
Hidayat 96
Imam FA 96
Intan RD 71
Kasrizal 94
Lyra Ornila 71
M Aji Maulana 59
M Fakhri 77
M Hafiz error
M Ifan A 92
M Ridho 78
M Sholeh 80
Maritsa FG 67
Marsya Rimadhona
Meliza Y 80
Mentari TW 62
Mifta Hurrahmi 86
Miftahu Rizqa
Mutia AM 65
Mutiara S 85
Nola Sapriyelna A 90
Noname 93
Popy DP 87
RafKi Ismet Ghifari
Rahmawati 92
Raufa G 60
Reni R 80
Ria Evanti 56
Ridanofyola 69
Rista MuKhlis 72
RizKa Yolanda 75
Rizky F 49
Salmi Azizah 66
Satya T 66
Suci SF
SyuKron Rafi T 87
Tri Legina O 80
vivi 87
Wahyu M 84
Wahyu P 62
Winda M 75
Winda Nur Mentari 88
Yofi PA 89
Yunia PA 71
Zahratul Aina 96
Bagi yang remedi ( dibawah 73 ), tugas : buat jawaban yang benarnya setelah itu bapak uji lagi sampai tuntas. Jangan menyerah....tetap semangat...
Wassalam..dari Febrianto, M.Si.

Rabu, 10 November 2010

NILAI UH 3 KELAS XII.IA

Assalaamu'alaikum...
Jangan terlalu takut sama juragan...kalau ananda orang Islam
Walaupun jantung deg-dega-an....jawab dulu salam...
Apa kabar ananda....sehat...Alhamdulillah...maaf nilai uh2 blum bsa bpk keluarkan..selamat bagi yang sukses..tapi yg belum jgn putus asa..tetap semangat...
Nama Nilai
Adelina Puteri Yudha 100
Ferry Fernando 100
Rika Rahmatil Fithri 98
Rizki Hidayat 98
Chyara Elisa N 97
Muthya Harystha 97
Dian Novita Zalerti 96
Hafda Putri Hibatul Wahdini 96
Hamdani Agusta Asri 96
Ulfa Nofita 96
Ade Yolanda Arifin 95
Fitri Handayani 95
Dwi Putri SSD 94
Chusnul Chafis 93
M.Abi Rafdi 93
Rahmizakia Rifka 93
Indah Maydila Sandi 91
Nurhabiba Edriana 91
Puti Hasanah kasih 91
Satria Jaya Perkasa 91
Teguh Fragma 91
Hafid Rezando 90
Haris Santika 90
Rindang A.R 89
Ringga Rahmi Prima 89
Alvin Pratama 88
Wildan Rasyid 88
Ramadanil 87
Fitra AlGhazali 85
Hanif Gusman 84
Rdho Fraditya 83
Sri Danti Firdamila N 82
Ijran Mayura 81
Rolita Eka Pertiwi 80
Adelita Febiola 77
Ryando Perdana 75
Ardi Junius 71
Rahmi Fitri 71
Nuzula Muharrahmi 68
Debi Adi Marta 66
Ranti 66
M.Ridho Wahyudi 60
M.Yogie Tri Prabowo 60
Primanda Ayu Putri 17
Bagi yang dibawak kkm(75) perbaiki jawabannya..ok...
Wasssalam dari Prof.Dr.H.Febrianto,M.Si...rencana thn 2020 M.

NILAI UH 2 KELAS XI.IA

Assalamu'alaikum..ananda..semua..
Apa kabar nich...deg2degan ya..he..he...
Selamat bagi yang sukses..tapi jgn putus asa bagi yang belum berhasil ..ok..
Nama Nilai
Dea Yolanda 100
Syandi Mufti Putra 97
Rahmadwitya Yulinast 97
Nayomi Valenzia 97
Mutya Yuliandri 97
Ismi Ongga Rahmat 97
Yuliarnis 96
Yulia Rahmi 96
Rintan Permata Sari 96
Zelly BaKri 95
Wiranti Dwi Rahmadini 95
M ZiKrillah 95
TaufiKah Rahmah 94
Putri Wulandari 94
Fitri Lestari 94
Fauzi 94
Shindy Mawaddah 93
Putri Nailurrahmah 93
Mita Roza 93
Mayang Berliana 93
Afdhal 93
Welly Risa 92
Izzatul Muslimah 92
Enmufida 92
Endang Oktayani 92
Yulisdiawati 91
Nanda Putra 91
Ranty Putri Adelysa 90
Ira Rahayu 90
Bunga Ayu Andini 90
Sumri Utami 89
M RezKy 89
Sitra Wulandari 88
Yufa Yulindra 84
Tri Wahyu Legawa 82
Suci Nelsa 82
Winna Anggraeni 80
Yogi Sagita Azwar 79
Hafizah Nur Haferi 79
Monica Eka Yulianda 78
Conny febiola 77
Irham Pratama Putra 76
Ichlas Muttaqin 73
Ivan Marino 72
RizKy Hidayat 63
M Ikhwan Wajdi 62
Bagi yang dibawak KKM (73) buat jawan yang benarnya ok..kumpul hari senin depan..
Wassalam...dari Febrianto, M.Si.

Kamis, 04 November 2010

Bermimpilah Menjadi Orang Kaya

Bermimpilah Menjadi Orang Kaya

Oleh : Marjohan, M.Pd

Guru SMAN 3 Batusangkar

Sebagian remaja (siswa dan mahasiswa) ada yang peduli dengan kehidupan ini dan ada juga yang masa bodoh. Ada yang sudah memikirkan bagaimana hidup mereka di masa depan dan ada juga yang belum. “Yang penting aku enjoy aja, tidak terlalu banyak fikir dan soal masa depan aku serahkan ke mama dan papa”. Demikian beberapa komentar dari mereka yang berpaham hedonism- mencari kesenanngan hidup semata-mata. Bagi mereka yang penting bisa belajar dan bermain, tidak mau diberi pekerjaan yang susah. Bila ada keperluan ya cukup minta saja duit pada orang tua. Pokoknya tahu beres saja.

Tidak hanya siswa, namun juga mahasiswa yang kehidupan mereka juga serba monoton. Kerjanya cuma pergi ke kampus dan pulang ke kos, sepanjang hari belajar, begossip, otak atik hand phone, sampai pada kecanduan dengan game on line. Kalau uang habis ya merengek lagi sama orang tua. “Ma…kirimkan kan lagi uang ke ATM ku ya…..!”. Tidak ada uang ya cukup kontak orang tua agar mengirimkan dana ke rekeningnya. Ini tidak salah, karena orang tua juga masih punya tanggung jawab untuk menjamin kelancaran kuliah anak-anak mereka. Namun kalau boleh para mahasiswa/ para pemuda juga perlu tahu tentang seluk beluk dari mana dan kemana uang itu mengalir. “Kalau boleh bermimpilah menjadi orang kaya”.

Saat penulis mengikuti KKN (kuliah kerja nyata) lebih dari 20 tahun yang lalu di sebuah desa dekat Payakumbuh. Di sana ada seorang pemuda, Yung Karaben namanya, yang cuma tamatan Sekolah Dasar, namun ia menjadi ngetop karena menjadi pemuda yang kaya raya. Ia memiliki banyak uang, punya harta, sawah dan ladang. Ia juga punya gilingan padi dan beberapa rumah sewaan sebagai pabrik uangnya. Ia bukan tamatan Perguruan Tinggi, malah sarjana tamat Perguruan Tinggi juga ada yang hidup melarat. Mengapa ia bisa menjadi kaya dalam usia muda ? Itu terjadi karena ia mengerti dengan aliran uang, kemana dan dari mana uang tersebut mengalir.

Kondisi kesejahteraan dan kekayaan orang pada suatu negara bisa berbeda- beda. Di negara maju- atau negara kaya, ada kalanya satu persen penduduk (para pemilik uang) bisa menguasai 50% peredaran uang. Atau ada negara yang 5 % penduduk kaya yang menguasai 90 % uang di negara tersebut. Kalau begitu sungguh menyedihkan bila kita menjadi orang yang 90 persen (orang yang lemah keuangannya). Uang yang sepuluh persen kalau dibagi rata untuk 90 persen penduduk yang kekurangan uang, maka setiap orang mungkin akan memperoleh sepuluh ribu rupiah. Sungguh sulit untuk meyangga kehidupan ini hari demi hari.

Dalam fenomena sosial bahwa banyak orang yang secara mendasar hanya mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan. Menjadi PNS dianggap lebih enak karena mudah dan tidak punya resiko, sakit pun gaji juga dating, dibanding dengan menjadi pengusaha. Sementara itu menjadi pengusaha terasa susah dan beresiko. Kalau berhasil uangnya banyak namun resikonya tinggi. Namun bagi kita bila ada unsur kesusahan dalam bekerja maka kita cenderung untuk menjauhinya. Malah bila kita hidup sebagai orang yang sengsara, para sanak keluarga juga agak enggan untuk mendekat pada kita. Bila ada unsur yang menyenangkan maka kita cenderung mendekatinya.

Kaya atau miskin memang relatif. Secara finansial memang ditentukan oleh jumlah uang yang kita miliki. Tentang uang, bahwa ada orang yang sangat mencintai uang, ada yang tak peduli pada uang dan sampai pada yang membenci uang. Mereka beranggapan bahwa uang adalah sumber kejahatan. Akibatnya tanpa disadari mereka (mungkin juga kita) tidak ingin menjadi kaya. Kita berfikiran bahwa lebih baik jadi sederhana saja dan malah ada yang tidak punya uang.

Dikatakan bahwa orang yang uangnya sedikit- miskin- sebagai orang dengan posisi tangan di bawah. Orang yang kaya, dikatakan sebagai posisi tangannya di atas. Karena ia mudah memberi. Agama Islam mengatakan bahwa tangan di atas lebih baik dari pada posisi tangan di bawah. Maka menjadi kaya lebih mulia dari pada jadi miskin.

Untuk menjadi kaya memang tidak mudah. Mengapa kita tidak kaya ? penyebabnya adalah karena kita tidak tahu strateginya. Kita tidak mengetahui jalur alamiah atau jalur paling mudah untuk mencapai tujuan. Selanjutnya bahwa fikiran kita juga tidak realistik, tidak melakukan tindakan sesuai dengan rencana. Namun mengapa pada segelintir orang bisa menjadi kaya? Tentu saja karena mereka punya karakter yang kuat.

Ternyata menjadi kaya bukan secara instan- bukan disulap- sim salabim. Kecuali bagi yang menang quiz who want to be millionaire. Jalan menuju kaya perlu dirintis. Ya memang untuk menjadi kaya secara baik-baik perlu dirintis.

Dari biografi tentang tokoh dan orang yang sukses/ kaya hidup seputar kita, kita ketahui bahwa mereka sudah merintis suksesnya sejak usia muda, misalnya sejak mahasiswa. Umumnya mereka menjadi mahasiswa yang tekun dan rajin. Mereka menyiapkan diri dengan berbagai kepintaran. Mereka senang berkompetisi dan mengikuti berbagai ajang kompetisi. Mereka memiliki banyak wawasan, banyak bergaul dan tahu dengan seni berkomunikasi.

Namun sayang banyak pula pemuda cerdas yang cuma pintar mengirim lamaran untuk jadi PNS, atau menjadi orang biasa-biasa saja pada sebuah perusahaan. Mereka akhirnya puas memperoleh gaji kecil

Ternyata gaji yang diterima oleh rata-rata orang Indonesia termasuk sangat kecil standardnya dibandingkan dengan orang yang bekerja di negara tetangga yang lebih kaya. Orang orang di sana memiliki motivasi kerja dan motivasi untuk sukses yang sangat tinggi. Mereka tidak gampang untuk mudah merasa puas. Sekali lagi bahwa mereka selalu memotivasi diri- membaca banyak buku, mencari banyak inspirasi dari banyak orang dan tokoh-tokoh sukses.

Kalau fenomena kita kadang-kadang cukup aneh. Saat kita mempunyai sedikit kelebihan uang ekstra maka gaya hidup kita juga berubah drastis. Karena gaji telah meningkat, maka pengeluaran kita juga berlipat. Ukuran rumah juga bertmbah dan motor pun juga mengkilat. Seharusnya uang kita boleh bertambah namun pengaturan penggunaan uang juga harus effektif. Yaitu tetap dalam batasan tidak boros.

Banyak juga orang kaya yang baik hati. Mereka dikatakan demikian karena juga kaya hati, kaya rohani dan kaya dengan kebaikan lain. Mereka senang untuk berbagi cerita dan berbagi pengalaman sukses. Mereka jadi kaya karena juga memiliki property sewaan lainnya.

Waringin (2008) mengatakan bahwa untuk bisa jadi kaya maka kita memerlukan leverage. Leverage berarti pendongkrak. Leverage tersebut bisa dalam bentuk sumberdaya (SDM)- bisa berarti modal, juga dalam bentuk ide dan gagasan, kenalan dan keahlian. Kemudian agar orang yang punya uang (sebagai sumber uang) mencari dan membutuhkan kita, maka kita perlu memiliki nilai tambah yang harus kita komunikasikan (kita iklankan). Kita juga harus punya kontak dengan orang yang tepat dan dengan cara yang tepat pula.

Di beberapa perusahaan mengapa ada karyawan yang mampu memperoleh bonus gede atau kenaikan gaji dua atau tiga kali dalam setahun ? Ini terjadi karena mereka mempunyai nilai tambah seperti “ia bisa dipercaya”. Dan tidak itu saja, ia juga punya keunggulan lain melebihi teman-temannya seperti memiliki kinerja yang hebat dan bisa bekerja mencapai target- atau melebihi target. Ia juga memiliki inisiatif- tidak berkarakter senang menunggu atau senang diperintah-, ia juga memiliki prilaku yang menyenangkan ia juga peduli dengan penampilan, kedisiplinan, kesopanan, omongan yang baik di depan dan di belakang orang.

Ternyata jarang juga PNS dan orang orang berprofesi sebagai pegawai yang kaya raya. Kebanyakan orang jadi kaya, itu lewat berwiraswasta. Ada yang kaya dan sukses gara-gara membuka bengkel mobil. Memberi nilai tambah yang hebat buat pemilik mobil atau sang klien. Nilai tambah yang hebat berupa service yang memuaskan: lebih cepat, lebih dekat, lebih murah, lebih lengkap, lebih modern dan lebih ahli. Kemudian membuat cabang atau franchise sehingga ia bisa melayani banyak pelanggan. Bila ia sudah punya franchise, maka ia kemudian bisa go public atau menjual saham untuk memperbesar modal- dan juga memperbesar usaha.

Menjadi kaya secara baik-baik dapat terwujud dengan berwirausaha atau entrepreneur dengan ketentuan membelanjakan lebih sedikit uang daripada yang diterima dan menginvestasikan selisihnya. Pelaku wirausaha juga memberikan nilai tambah yaitu mempermudah urusan, mempercepat proses dan juga membuat orang lebih senang. Ternyata orang berwirausaha juga ditentukan oleh bakat atau karakter usahanya. Apakah mereka termasuk berkarakter mechanic, creator, star, support, deal maker, trader, accumulator dan the lord.

Roger Hamilton (dalam Waringin: 2008) mengatakan bahwa orang bertipe mechanic suka mengandalkan/ mengikuti sistem untuk jadi kaya. Ray Kroc tahu cara memasarkan hamburger, walau ia bukan penemu hamburger. Orangnya tekun, suka detail dalam mengikuti sistem. Kemudian orang yang bertipe creator suka menciptakan hal baru. Steve Job mendirikan apple computer. Ia mempunyai karakter kreatif, inovatif, suka hal baru dan tantangan baru.

Orang bertipe star jadi kaya karena mengandalkan keahlian khusus yang sulit ditiru orang lain. Penyanyi Celine Dion dan Mike Tyson misalnya punya bakat khusus. Sangat menonjol dibidangnya. Orang bertipe support jadi kaya karena jago dalam mendukung dan mengelola. Orang dengan karakter ini memiliki leadership dan manajerial yang bagus.

Orang bertipe deal maker bisa jadi kayak arena keahlian dalam bernegosiasi dan mempertemukan dua kepentingan. Ia punya banyak teman, senang bergaul dan senang sebagai connector atau penghubung. Orang bertipe trader dapat kekayaan dari keahlian berdagang. Ia peka tentang waktu- tahu kapan harus membeli dan kapan harus menjual, tidak malu dalam berjualan, berorientasi mencari keuntungan secara cepat dan dalam jangka waktu pendek.

Adalagi orang yang jadi kaya karena tipe accumulator, suka menumpuk atau berinvestasi. Orang seperti ini cukup penyabar, senang menganalisa, punya jiwa kepemimpinan, tidak emosional dan suka keuntungan jangka panjang. Terakhir adalah orang yang bertipe lord, menjadi kaya karena punya banyak bisnisnya. Ia suka melihat peluang di mana-mana, mampu mendelegasi atau membagikan tugas dan pintar memilih dan menilai orang yang ia percayai.

Kaya itu tidak jatuh dari langit, namun kaya itu perlu diusahakan, oleh karena itu menjadi kaya perlu punya ilmu, punya keberanian dan punya usaha. Untuk menjadi kaya maka kita perlu belajar dan menggali potensi dari orang lain. Agama Islam mengatakan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Kalau begitu menjadi kaya lebih baik dari pada jadi orang miskin. Agaknya untuk jadi kaya maka kita perlu bermimpi. Daripada kita tenggelam dalam menyesali kelemahan kita, maka lebih baik kita tenggelam dalam meningkatkan kelebihan kita, agar kita punya nilai plus, selanjutnya bermimpi dan berusaha agar menjadi kaya..

(note- Waringin, Tung Desem (2008) Financial Revolution. Jakarta: PT. Gramedia Utama)
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Welcome

Selamat datang ke BOX saya
singgahlah
lihat-lihat apa saja hidangan yang ada dalamnya
mana tahu TUAN dan PUAN berkenan
ya download lah
terima kasih
Febrianto Ichigawa