Kamis, 31 Desember 2009

Mendidik Anak Cerdas dan Ceria

Mendidik Anak Cerdas dan Ceria
Oleh: Marjohan, M.Pd
Guru SMAN 3 Batusangkar
Semua orang tua berharap bisa memperoleh anak yang cerdas. Sejak anak berusia dini mereka ikhlas berkorban secara moril dan materi untuk mendidik mereka. Dalam hal ini orng tua terlihat begitu ringan untuk mengeluarkan dana untuk pendidikan dan memilihkan tempat belajar yang berkualitas. Juga membelikan fasilitas permainan dan pendidikan buat mereka. Kadang kala mempunyai anak yang cerdas namun karakternya menyebalkan- suka berbicara kasar dan kurang sopan- telah membuat orang tua menjadi stress dan mengurut dada sepanjang hari. Maka orang tua berharap sangat “Bagaimana ya supaya aku punya anak yang cerdas dan pribadi yang hangat” , seperti kata orang Minang, mulut manis kucindan murah (anak yang berbudi dan berbahasa yang santun).
Apa mungkin kita bisa memperoleh dan mendidik anak yang cerdas dengan pribadi hangat seperti membalik telapak tangan ? Tentu saja tidak dan orang tua, dengan dukungan lingkungan, perlu berusaha memberi model terlebih dhulu. Adalah isapan jempol untuk memperoleh anak yang lembut dalam berbicara sementara ayah dan ibu membuadayak cara berbahasa yang keras, kaku dan ksar. Dalam mendidik dan membimbing anak orang tua modern selalu mencari rujukan pada buku dan literatur lain. Imam Suprayoga (dalam Karim, 1982:128) mengatakan ada 3 teori tentang mendidik anak yaitu: teori pendidikan tabularasa, teori nativis dan teori konvergensi (gabungan dari dua teori sebelumnya).
Dalam teori tabularasa dinyatakan bahwa setiap anak terlahir seperti kertas putih, orang tua dan lingkunganlah yang akan menentukan warna atau karakter pada mereka. Dalam teori nativist dinyatakan bahwa setiap anak lahir membawa bakat dan potensi masing-masing. Kemudian dalam teori konvergensi dinyatakan bahwa setiap anak terlahir membawa bakat dan potensinya masing-masing, sedangkan orang tua dan lingkungan turut mempengaruhinya.
Jika semua anak ketika lahir hanya pandai menangis, namun setelah beberapa tahun kemudian karakter mereka terlihat berbeda satu sama lain terlihat jelas. Perbedaan mereka terjadi karena perbedaan pada fisik, pengetahuan, pengalaman dan inteligensi atau IQ. Untuk hal ini teori konvergensi lebih mendukung pernyataan ini. Agar orang tua bisa sebagai pendamping dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, maka mereka seharusnya memiliki pengetahuan tentang pendidikan anak. Untuk bisa mengoperasikan mesin cuci saja juga dibutuhkan pengetahuan. Orang tua misalnya bisa membaca berbagai artikel dan literature. Adams (1988) menulis buku tentang “ your child can be a genius and happy, a practical guide for parents”. Buku tersebut cukup praktis untuk dipahami dan pokok pembahasannya adalah seputar peran orang tua sebagai guru pertama dalam hidup anak, bagaimana mengkondisikan anak untuk melakukan eksplorasi atau penjelajahan edukatif , dan bagaimana membantu anak untuk mengenal pendidikan sejak usia dini.
Orang tua Sebagai Guru Pertama Dalam Hidup
“Siapakah guru pertama kamu dalam hidup, yang mengajar kamu dalam bersopan santun, yang mengajarkan kamu cara berkomunikasi, dan yang mengajarkan kamu bagaimana cara hidup sehat ?” Maka semua anak akan menjawab serentak “ayaaaah dan ibuuu !!” Tentu saja para orang tua. Memang benar bahwa itulah bahagian dari tanggung jawab orang tua dalam mendidik dan merawat pertumbuhan anak.
Orang tua sebagai pendidik anak idealnya harus merencanakan dan menyusun kegiatan anak di siang hari untuk bermain, sejak mereka berusia bayi kapan perlu hingga mereka berusia remaja. Tentu saja mereka perlu menyediakan sarana untuk berbagai aktivitas dalam rangka mengembangkan intelegensi mereka. Apakah musti sarana yang serba mahal dan serba elektronik dan serba digital ? Tentu saja tidak, karena tidak semua orang tua yang memiliki uang yang berlebih. Maka benda-benda sederhana seperti balok-balok, majalah bekas, crayon, peralatan yang ada di rumah juga bisa memberi nilai edukatif bagi anak.
Untuk menumbuhkan anak cerdas, maka mereka tidak hanya butuh benda dan permainan, namun juga membutuh orang lain. Ini berarti bahwa mereka harus mempunyai teman yang banyak. Teman ereka tidak musti semua anak-anak yang cerdas. Dari sana kelak mereka bisa kenal dengan watak dan kualitas teman. “Si Jeki jadi bodoh karena suka buang-buang waktu dan menunda ninda pekerjaan”. Keadaan teman yang lain adalah ada yang bodoh, pintar, pemalas, sportif, dan lain-lain.
Agaknya orang tua juga perlu mengenal teknik pengajaran di rumah, mungkin dalam bentuk menceramahi anak, memberi contoh, menyuruh, mendikte dan sebagainya. Namun cara mendidik ang lebih baik adalah dengan membiarkan anak untuk berbuat dan mencobanya langsung. Sejak usia 0-5 tahun, anak memang paling baik belajar lewat bermain dan menggunakan objek. Mengapa demikian ? Ya karena mereka butuh pengalaman nyata.
Waktu adalah faktor pertama dalam pendidikan. Disini bukan bearti yang dibutuhkan adalah waktu yang lama. Apa gunanya bermain dan belajar begitu lama kalau anak merasa bosan. Bagi orang tua yang punya karir padat, lebih baik melowongkan sedikit waktu untuk mlakukan kebersamaan yang menyenangkan bersama anak lewat bermain, bercakap, dan belajar bareng. Waktu yang dihabiskan orang tua bersama anak untuk mengobrol akan menguatkan ikatan antara orang tua dan anak.
Sebagaimana dikatakan bahwa orang tua adalah guru pertama anak, musti menjadi guru yang terhebat bagi mereka. Orang tua yang punya prinsip masa bodoh, akan berpotensi menghancurkan masa depan anaknya sendiri. Orang tua adalah juga psikolog terbaik bagi anak, karena dialah orang yang selalu mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak. Mereka akan melihat bakat dan minat anak sejak usia dini. Sebahagian anak, misalnya, memperlihatkan bakat khusus pada musik dan seni saat usia dini. Namun bakat matematika dan bahasa bisaanya terlihat agak terlambat. Albert Einstein, sebagai contoh, yang dianggap sebagai anak bodoh karena perkembangannya terlambat saat di sekolah.
Orang tua bisaanya menemukan karakter khusus anak melalui observasi harian. Kadang-kadang juga menemui hal hal yang cukup kontra dan serba aneh. Juga, kadang kala anak yang punya bakat/ cerdas melakukan pekerjaanya tidak rapi dan tidak tertarik terhadap pekerjaan yang berulang-ulang. Selanjutnya bahwa sekolah tidak dapat diharapkan begitu banyak dalam menyediakan fasilitas buat anak berbakat. Orang tua sendirilah yang musti menyediakan buku dan perlengkapan khusus mereka.
Melakukan Eksplorasi Bersama Anak
Kata lain dari eksplorasi adalah “penjelajahan”. Eksplorasi adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan manusia. Melalui eksplorasi Columbus menemui benua Amerika, melalui eksplorasi Neil Amstrong mendaratkan kaki di bulan. Kegiatan intelektual dan usaha kreatif yang dilakukan oleh tokoh sejarah adalah melalui eksplorasi. Sebelum mendirikan restoran atau rumah makan Padang, sebagai contoh, orang Minang terlebih dahulu melakukan eksplorasi- melakukan penjelajahan, menilai dan melakukan perenungan. Sampai akhirnya diperoleh kata sepakat “Uda di dekat terminal ini sangat cocok kita bangun restoran Padang”. Al-Gazalli juga melakukan eksplorasi, dalam bentuk penjelajahan dan kontemplasi jiwa, hingga menghasilkan tulisan yang berjudul “Ihya u’lumiddin” yang berarti menghidupkan ilmu agama.
Untuk membuat anak menjadi cemerlang maka mereka perlu melakukan eksplorasi, dalam bentuk kegiatan bermain, penjelajahan dan aktifitas kecil-kecilan. Tentu saja orang tua tidak perlu memaksakan sesuatu aktifitas pada anak kalau akan membuatnya bosan. Anak-anak yang asyik tenggelam dengan aktifitasnya dalam sebuah mobil rongsokan, anak yang lagi asyik memanjat pohon kecil (pohon cherry), menangkap capung dan belalang atau memilih-milih kerikil yang aneh di pinggir sungai adalah beberapa contoh bentuk eksplorasi yang lazim mereka lakukan.
Eksplorasi anak-anak yang berusia lebih kecil bisaanya dilakukan di rumah. Aktifitas eksplorasi mereka disebut denga “exploring play” atau bermain eksplorasi. Exploring play dilakukan dengan air, pasir basah dan plasticine. Tentu saja mereka kadang-kadang perlu ditemani demi kenyamanan. Bisaanya selama exploring play anak-anak bertanya tidak henti-hentinya. “Wah menyebalkan ini anak, bicara dan bertanya melulu” gerutu orang tua. Namun demi pertumbuhan bahasa dan kecerdasan mental atau kognitif mereka, maka orang tua musti menjauhkan rasa bosan atas pertanyaan demi pertanyaan sang anak.
Permainan menjelajah sangat penting bagi anak dalam rangka mengembangkan majinasi mereka. Anak-anak yang berada di daerah pedesaan dan di daerah yang lebih luas untuk akses ke luar rumah lebih beruntung dalam melakukan eksplorasi yang bersifat alami: menangkap burung pipit yang memangsa padi di sawah, menangkap belut dan ikat dalam aliran air dan sampai kepada aktifitas membongkar pasang alat permainan.
Sejak menjamurnya kemajuan teknologi digital maka banyak anak yng menyenangi eksplorasi digital dalam dunia maya lewat game PS (play station) dan game lain yang berbasis teknologi komputer. Gara-gara orang tua kurang mencampuri pembagian waktu mereka, maka banyak anak yang menjadi pencandu digital-game, dimana mereka menjadi game maniak- kerajingan berada pada Play Station, di depan layar komputer atau dalam boks warnet (warung internet) selama berjam-jam sampai melupakan tanggug jawab belajar, beribadah dan membantu pekerjaan di rumah. Kepedulian orang tua untuk mengajak anak untuk melakukan aktifitas yng berimbang antara bermain, belajar dan membantu orang tua sungguh sangat diperlukan.
Disamping mendorong anak untuk melakukan eksplorasi, orang tua juga perlu menumbuhkan kemampuan berkomunikasi mereka. Dalam hal ini orang tua lebih baik memulainya dengan mengajak anak untuk ngobrol (berbicara) sejak usia bayi tentang aktifitas yang dijalankan , agar kemampuan berbicaranya juga meningkat terus. Selanjutnya orang tua juga bisa memperkenalkan alat-alat tulis seperti pensil, pena, crayon dan majalah majalah tua buat balita mereka. Kegiatan ini sangat baik diikuti oleh orang tua yang lain, karena dasar untuk belajar menulis dan membaca dalam usia dini memang terletak di rumah. Oleh sebab itu rumah, orang tua, musti meyediakan sarana belajar, bermain dan hiburan seperti lagu-lagu, irama, koleksi buku cerita serta buku-buku jenis lainnya.
Memperkenalkan Pendidikan Sedini Mungkin
Anak yang mengenal dunia sekolah lebih awal, mental belajarnya lebih siap dari pada anak yang belum mengenal sekolah sama sekali. Pendidikan paling rendah seperti TK dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah bentuk pengenalan terhadap dunia pendidikan (pra sekolah) sebelum mengenal dunia pendidikan yang sebenarnya kelak. Pendidikan pra-sekolah, juga, merupakan tempat dimana mereka bisa belajar untuk bersosial dengan anak-anak seusianya. Mereka juga perlu belajar bagaimana berada jauh dari rumah dan bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang lain.
Anak anak yang belajar pada TK juga sudah punya kurikulum dalam kegiatan belajar membaca- mengenal huruf dan kata, yang mana kegiatan ini bisa jadi sebagai “pre-reaing activity” untuk masa-masa selanjutnya. Praktek yang terbaik (best practice) untuk membaca bagi mereka adalah melalui aktivitas membaca itu sendiri. Disamping kegiatan membaca yang dipandu oleh guru TK di sekolah, orang tua juga perlu memberi penguatan atas kemampuan “pre-reading activity anak”. Memberiikan pujian atau reward bila anak sudah menunjukan kemajukan atau reward juga berguna untuk mendorong minat dan motivasi belajar mereka. Orang tua perlu membuat session membaca bagi anak, namun tidak perlu terlalu lama, cukup hanya sekitar 20 menit, kecuali kalau sang anak menyukainya.
Sejak anak berusia 5 atau 6 tahun sampai mereka berusia remaja, mereka menyukai cerita humor. Maka sangat bijak bila orang tua juga menyediakan cerita humor dan komik yang lucu buat mereka. Namun apa yang musti dilakukan untuk mendukung kegiatan “reading society”- masyarakat yang gemar membaca yang dimulai dari tingkat keluarga ? Pada berbagai rumah tangga, yang banyak disediakan orang tua adalah “home theatre” kecil-kecilan untukmenghibur anak/ keluarga sepanjang hari. Kalau mengkonsumsi hiburan yang ber nilai pendidikan, itu tentu saja cukup bagus, asal tidak menyita waktu anak sampai berjam-jam, apalagi sampai membuat mereka malas dan lalai untuk melakukan aktifitas lain.
Ternyata kunci rahasia keberhasilan sebahagian keluarga dalam bidang akademis adalah karena mereka sangat peduli dengan kegiatan akademis itu sendiri exist dalam keluarga. Di rumah terdapat koleksi bahan bacaan, komik, buku cerita, buku agama, novel, buku-buku pencerahan diri dan sampai kepada majalah dan koran yang mereka konsumsi secara teratur. Kalau pun ada unsur hiburan seperti VCD Player, karaoke, tape recorder, dan TV dengan antene satellite, namun penggunaan ini mereka atur agar keluarga tidak menjadi penonton yang maniac. Mereka mengenal waktu bermain, belajar, beribadah, waktu untuk kebersamaan , dan sebagainya.
Keluarga yang sudah peduli dengan arti pendidikan juga mendukung aktifitas anak untuk kegiatan di luar rumah. Aktivitas- aktivitas di luar rumah yang dapat meningkatkan pengalaman serta wawasan anak adalah seperti: menanam biji, merebus air, membuat layang-layang, mencari dan mengamati serangga, bermain magnet, memasak, melakukan perjalanan, dan main gelembung sabun (main air), dan lain lain. Kegiatan seperti ini tentu tidak butuh biaya besar.
Mendambakan anak-anak cerdas, santun, sholeh dan memiliki pribadi yang hangat tentu saja adalah harapan semua keluarga. Namun anak anak yang demikian tidak langsung ada ketika terlahir ke dunia. Mereka tumbuh lewat proses lewat bimbingan, arahan, diberi pengalaman, kesempatan dan fasilitas, tentu saja semampu orangtua. Hal lain yang perlu dilakukan orang tua adalah seperti orang tua menyiapkan dirinya terlebih dahulu sebagai pendidik anak terbaik di rumah, mengajak dan mendorong anak untuk melakukan ekplorasi edukatif dan memperkenalkan pendidikan sejak sedini mungkin. (Marjohan, M.Pd juga penulis buku “School Healing Menyembuhkan Problem Sekolah”).
(CATATAN: 1) Adams, Ken. (1988). Your Child Can be A Genius and Happy, A Practical Guide For Parents. Wellingborough, England: Thorsons Publishing Group. 2) Karim, Mhd Rusli. (1982). Seluk Beluk Perubahan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.)

Sabtu, 19 Desember 2009

NILAI DIAGNOSTIK FISIKA

NO NAMA SKOR NILAI KET
1 Alan Budi Amin 23 5.75 REMEDIAL
2 Alfajry 29 7.25 TUNTAS
3 Andika Noveri Yendra 24 6.00 REMEDIAL
4 Annizaf 23 5.75 REMEDIAL
5 Digo Prima Kurniawan 25 6.25 REMEDIAL
6 Dio Yudistira Kurniawan 23 5.75 REMEDIAL
7 Dwifebriani Puteri Yudha 25 6.25 REMEDIAL
8 Gea Lukita Sari 20 5.00 REMEDIAL
9 Gisca Clarisa Putri 22 5.50 REMEDIAL
10 Githa Ayu Pagisha 26 6.50 TUNTAS
11 Jayantie Rahmadhany 24 6.00 REMEDIAL
12 Okri Asfino Putra 24 6.00 REMEDIAL
13 Pebrika Yudha Putri 17 4.25 REMEDIAL
14 Rahmi Nelisa 22 5.50 REMEDIAL
15 Rany Novia Wardin 20 5.00 REMEDIAL
16 Refnaldo 22 5.50 REMEDIAL
17 Rena Novalinda 17 4.25 REMEDIAL
18 Rendi Rifano 22 5.50 REMEDIAL
19 Rinsya Wildesti 24 6.00 REMEDIAL
20 Tesha Tressia Zurya 24 6.00 REMEDIAL
21 Trisna Wulandari 10 2.50 REMEDIAL
22 Wilda Kurnia Putri 23 5.75 REMEDIAL
23 Winda Roseriza 23 5.75 REMEDIAL
24 Yana Ceria Amalia 21 5.25 REMEDIAL
25 Yovita Aprilya Putri 25 6.25 REMEDIAL
26 Yunnisa Mutiara Sari 21 5.25 REMEDIAL
27 Afdhal 16 4.00 REMEDIAL
28 Afreymon Fajrin 18 4.50 REMEDIAL
29 Agustina 18 4.50 REMEDIAL
30 Farid Rizal 17 4.25 REMEDIAL
31 Fatma Adiaty 19 4.75 REMEDIAL
32 Fauzan Arisyi Koto 17 4.25 REMEDIAL
33 Hamdi Anugrah 19 4.75 REMEDIAL
34 Hilda Wahyuni 22 5.50 REMEDIAL
35 Ikhwanul Wadudi 24 6.00 REMEDIAL
36 Istigfar Rahman 15 3.75 REMEDIAL
37 Putri Ayu Prima Dewi 15 3.75 REMEDIAL
38 Qhasiya Rahmanisya.d. 23 5.75 REMEDIAL
39 Rahayu Zulfa 12 3.00 REMEDIAL
40 Rahmat Hidayat Tarmizi 18 4.50 REMEDIAL
41 Rahmiwati 21 5.25 REMEDIAL
42 Rani Suharni 25 6.25 REMEDIAL
43 Renny Herwita 23 5.75 REMEDIAL
44 Ridho Ilahi 20 5.00 REMEDIAL
45 Riki Febriansyah 19 4.75 REMEDIAL
46 Rusydafahmiya Rifka 20 5.00 REMEDIAL
47 Satria Dhanthes 22 5.50 REMEDIAL
48 Suci Rahma Putri 19 4.75 REMEDIAL
49 Ummul Khair 25 6.25 REMEDIAL
50 Wheni Ashria Ramadhani 21 5.25 REMEDIAL

Jumat, 18 Desember 2009

prediksi un

2. Dua vektor gaya bertitik tangkap sama, masing – masing besarnya 5 N dan 3 N, kedua vektor saling mengapit sudut 60 0 . Besar resultan kedua vektor gaya tersebut adalah …..
3. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 1 m/s mengalami percepatan konstan sebesar 1 m/s2. Waktu yang diperlukan benda untuk menempuh jarak 50 m adalah ....
4. Seorang anak bermassa 40 kg berdiri di dalam lift yang bergerak ke atas dengan percepatan 2 m/s2. Jika percepatan gravitasi = 10 m/s2 maka besar gaya desakan kaki anak tersebut terhadap lantai lift adalah ....
5. Sebuah benda ditimbang di permukaan bumi beratnya 800 N. Jika percepatan gravitasi di permukaan bumi g = 10 m/s2, maka berat benda jika ditimbang pada ketinggian 2 R (R = jari-jari bumi = 6370 km) dari permukaan bumi adalah ....
6. Sebuah bola pejal (I = 2/5 MR2) mula-mula diam pada bidang miring. Jika ketinggian silinder mula-mula 30 cm maka kecepatan benda di dasar bidang miring adalah ....
7. Balok dengan massa 8 g yang mula-mula diam di lantai yang licin diberi gaya 40 N membentuk sudut 60° terhadap horizontal. Benda tersebut berpindah sejauh 4 m, maka besar usaha yang diberikan pada balok adalah ….
8. Tiga buah pegas identik, tetapan pegas masing-masing sebesar 100 N/m. Perbandingan pertambahan panjang pegas total, jika ketiga pegas itu seri dan pararel dengan beban yang sama adalah ….
9. Sebuah bola bermassa 1 kg bergerak di permukaan meja hingga kecepatan pada saat lepas dari bibir meja 1 m/s seperti gambar di bawah





Energi kinetik bola pada saat ketinggian 0,8 m dari tanah adalah ...( g = 10 m/s2).



10. Perhatikan gambar berikut:

V¬a¬= 1 m/s
Benda A menumbuk benda B yang sedang diam , jika setelah tumbukan benda A dan benda B menyatu, maka kecepatan benda A dan Benda B sesaat setelah bertumbukan adalah.....m/s
11. 20 g es pada suhu 0oC dimasukkan ke dalam 100 g air bersuhu 20oC. Kalor lebur es 80 kal/g, kalor jenis air 1 kal/goC. Suhu akhir campuran dalam keadaan seimbang adalah:
12. Dua logam A dan B memiliki ukuran sama tetapi jenisnya berbeda, dilekatkan jadi satu. Ujung kiri A bersuhu 60 0C dan ujung kanan B bersuhu 0 0C. Jika koefisien konduksi termal A adalah 3 kali koefisien konduksi termal B, maka suhu bidang batas atau sambungan A dan B adalah….
13. Gaya angkat pesawat terbang dapat terjadi karena:
(1).Tekanan udara di depan sayap lebih besar daripada di belakang sayap
(2).Kecepatan udara di atas sayap lebih besar daropada di bawah sayap
(3). Tekanan udara di atas sayap lebih kecil daripada di bawah sayap
(4).Kecepatan udara di atas sayap lebih kecil daropada di bawah sayap
Dari pernyataan di atas yang benar adalah:.....
14. Bila gas ideal dalam suatu bejana volumenya dijadikan sepertiganya dan suhu mutlaknya dilipatkan tiga kalinya, maka tekanannya menjadi ….
15. Suatu mesin Carnot bekerja di antara suhu 100 K sampai 300 K dan menerima kalor sebesar 1000 J. Usaha yang dilakukan mesin dalam satu siklus adalah ....
16. Sebuah mikroskop memiliki focus objectif 2 mm dan fokus okuler 2,5 cm digunakan untuk melihat benda dengan mata berakomodasi maksimum yang berjarak 5 mm dari lensa objectif. Perbesaran total adalah ....
17. Urutan spektrum gelombang elektromagnetik yang benar untuk variasi panjang gelombang besar ke kecil adalah ....
18. Sebuah gelombang berjalan dengan persamaan y = 2 sin π ( 50t – 0,2x ) cm. Jika x dalam cm dan t dalam sekon maka
(1) panjang gelombang 10 cm
(2) frekuensi gelombang 25 Hz
(3) cepat rambat gelombang 2,5 m/s
(4) amplitudo gelombang 5 cm
Pernyataan yang benar adalah ....
19. Sebuah kisi yang memiliki 1000 garis tiap 1 cm digunakan untuk menentukan panjang gelombang cahaya. Jika sudut antara garis pusat terhadap garis pada orde pertama adalah 30o. Maka panjang gelombang cahaya itu adalah ....
20. Sebuah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas 40 dB. Jika 100 buah sumber bunyi yang sama berbunyi secara serentak maka taraf intensitas yang dihasilkan adalah ....
21. Sebuah ambulan bergerak mendekati pendengar dengan kecepatan 40 m/s sambil membunyikan sirene dengan frekuensi bunyi 600 Hz. Jika frekuensi bunyi yang didengar oleh pendengar 1080 Hz dan cepat rambat bunyi di udara 340 m/s maka kecepatan pendengar adalah ....
22. Dua muatan masing-masing Q dan 2 Q berjarak r, besar gaya yang dialami muatan q yang terletak ditengah antara Q dan 2Q adalah F. Jika muatan q digeser sehingga berjarak 1/4 r dari Q atau 3/4 r dari 2Q maka besar gaya yang dialami muatan q menjadi ....
23. Dua muatan masing-masing bernilai 2 μF dan 18 μF terpisah sejauh 9 cm. Jika titik P berada diantara kedua muatan dan memiliki kuat medan listrik nol maka jarak titik P dari muatan 2 μF adalah ....
24. Sebuah kapasitor memiliki kapasitas C, luas plat A dan jarak plat d. Jika kapasitor dengan bahan sama dijadikan 3C, luas plat 2A maka jarak plat menjadi ....
25. Pada gambar di bawah arus listrik yang mengalir pada kawat A. Besar induksi magnet di titik P adalah ... .

26. Pada gambar di bawah kawat lurus vertikal yang dialiri arus listrik yang diapit oleh dua magnet batang berbeda kutub. Kawat akan mengalami gaya magnet ke arah .....


27. Agar gaya magnetik pada penghantar (kawat) berarus listrik saat berada di dalam medan magnet besarnya maksimal maka ... .
28. Sebuah generator memiliki fluks sebagai fungsi waktu yaitu  = 2 sin (2,5 t) Wb/m2 dan lilitan kawat 100 maka besar ggl induksi pada saat  sekon adalah ....
29. A. Rangkaian R – L – C seri dirangkai seperti gambar. impedansi rangkaian adalah







30. Rangkaian R – C seri masing-masing R = 60 Ohm XC = 80 Ohm dihubungkan dengan tegangan bolak-balik. Besarnya sudut fase antara arus dan tegangan dalam rangkaian adalah...
31. Menurut Bohr, sebuah atom akan menyerap foton apabila salah satu elektronnya ….
32. Pernyataan yang sesuai dengan pergeseran Wien adalah panjang gelombang radiasi pada intensitas maksimum ....
36. Seberkas sinar ultraungu dengan panjang gelombang 6000 Ao . Jika konstanta Planck 6,6 x 10-34 Js dan kecepatan cahaya 3 x 108 m/s maka besar energi sinar tersebut adalah ....
37. Sebuah atom uranium ditembak dengan 2 buah neutron menghasilkan isotop dengan ....
38. Apabila massa inti = 4 sma, massa proton 1,00783 sma dan massa neutron 1,008665 sma (1 sma = 931 MeV), maka energi ikat inti pernuqleon atom tersebut adalah ........
39. Sebuah fosil ditemukan 10 tahun yang lalu, saat itu mengandung zat radioaktif yang telah meluruh 75 %. Jika waktu paro radioaktif 100 tahun maka umur fosil sekarang adalah ....
40. Berikut ini adalah manfaat radio isotop

Kamis, 17 Desember 2009

PREDIKSI UN


1.      Skala yang ditunjukkan jangka sorong pada gambar dibawah ini adalah ….
                                                                                 
                                                           




A.  5,20 cm            D. 5,60 cm
B.  5,25 cm            E. 7,50 cm
      C.  5,50 cm

2.     




     
      Besar resultan F1 + F2 + F3 adalah ....
      A.  2 N                  D.  2√7 N
      B.  3 N                   E.  6 N
      C.  2√3 N

3.      Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 2 m/s mengalami percepatan konstan sebesar 1 m/s2.  Waktu yang diperlukan benda untuk menempuh jarak 48 m adalah ....
A.           6 s                 D.  12 s
B.           8 s                 E.  14 s

C.           10 s

4.      Sebuah roda berputar 150 kali permenit. orang anak memutar sebuah batu yang diikatkan pada ujung seutas tali. Batu diputar secara horizontal, seperti gambar di bawah. Jika laju berputar batu dijadikan 2 kali semula, maka gaya sentrifgalnya menjadi …
A.    



6 kali semula
B.     5 kali semula
C.     3 kali semula
D.     4 kali semula
E.      2 kali semula
 
5.     

F = 10 N

Benda terletak pada bidang kasar mempunyai massa 2 kg.  Jika benda ditarik dengan gaya sebesar 10 N maka percepatan benda adalah (μs=0,2 dan μk=0,1)....   









A.           0                   D.  3,6 m/s2
B.           2,0 m/s2         E.  5,0 m/s2
C.           2,4 m/s2
  
6.      Dua buah benda memiliki massa masing-masing m1 dan m2 mula-mula berjarak 36 cm dan mengalami gaya gravitasi F.  Jika gaya gravitasinnya dijadikan 3/2 F maka jarak kedua benda ....
A.           16 cm                     D.  24 cm
B.           18 cm                     E.  45 cm
C.           20 cm    
 
7.      Koordinat titik berat bangun datar seperti gambar dibawah ini adalah x=8 dan y = 26/7.  Nilai p adalah....    

A.     6             D.  3 
B.     5             E.  2                                     
C.     4             

8.      Dua benda masing-masing bermassa 2 kg dan 4 kg digantung pada sebuah katrol yang bermassa 8 kg.  Percepatan benda adalah ....
A.  5 m/s2
B.  4 m/s2  
C.  3 m/s2
D.  2 m/s2
E.  1 m/s2

9.      Sebuah bola yang massanya 4 kg jatuh bebas dari ketinggian 8 m di atas permukaan tanah.  Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 maka besar usaha yang dilakukan gaya berat benda saat bola berada pada ketinggian 5 m di atas permukaan tanah adalah ....
A.     320 J                D.  120 J
B.     200 J                E.  100 J
C.     150 J

10.  Sebuah pegas panjang mula-mulanya 20 cm ditarik dengan energi 1 J.  Jika konstanta pegas 200 N/m maka panjang pegas menjadi ....
A.           10 cm            D.  30 cm
B.           20 cm            E.  40 cm
C.           25 cm
 
11.   Sebuah bola bermassa 1 kg bergerak di permukaan meja hingga kecepatan pada saat lepas dari bibir meja 2 m/s seperti gambar di bawah









      Energi kinetik bola pada saat ketinggian 0,8 m dari tanah adalah ...( g = 10 m/s2).
A.           8  J                D.  20 J
B.           14 J               E.  22 J
C.           18 J





12.  Sebuah bola jatuh bebas dari ketinggian 10 m dan memantul secara vertikal.  Jika koefesien retitusi lantai adalah 0,5 maka ketinggian maksimum pantulan bola adalah ....
A.           2,5 m                        D.  7,5 m
B.           5,0 m                        E.  8,0 m
C.           6,5 m                                                                                     
 
13.  Jika 0,5 kg logam pada suhu 800C masukkan kedalam 1 kg air yang bersuhu 100C sehingga suhu akhir campuran adalah 500C maka kalor jenis logam adalah....( kalor jenis air 4200 J/kg0C).
A.           8400 J/kg0C              D.  11200 J/kg 0C
B.           9600 J/kg0C              E.  12000 J/kg0C
C.           10000 J/kg 0C

14.   Dari pernyataan-pernyataan berikut :
(1)         pancaran sinar metahari
(2)         keluar masuknya udara lewat ventilasi
(3)         ujung besi memanas akibat ujung lainnya dipanaskan
(4)         cairan dipanaskan dari bawah.
Pernyataan yang merupakan contoh-contoh perpindahan kalor secara konduksi adalah ....
A.           1 dan 2                      D. 1 dan 3
B.           2 dan 3                      E.  2 dan 4  
C.           3

15.  Sebuah tanki berisi air penuh dengan ketinggian 1 m.  Tanki mengalami kebocoran 55 cm dari dasar yang luasnya 2 cm2.  Besar debit air pertama kali keluar adalah ....
 
A.           0,4 liter/s
B.           0,6 liter/s
C.           0,8 liter/s
D.           1,2 liter/s
E.            1,5 liter/s
      
 
16.  Jika temperatur mutlak suatu gas ideal menjadi 9 kali semula maka kecepatan partikel-partikel gas itu menjadi ...kecepatan semula.  
A.     1/9 kali          D.  2 kali
B.     1/3 kali          E.  9 kali
C.     3    kali
 
17.  Suatu mesin Carnot bekerja di antara suhu 200 K sampai 600 K dan menerima kalor sebesar 1200 J.  Usaha yang dilakukan mesin dalam satu siklus adalah .... 
A.     300 J             D.  600 J
B.     400 J             E.  800 J
C.     500 J

18.  Sebuah mikroskop memiliki focus objectif 3 mm dan fokus okuler 2,5 cm digunakan untuk melihat benda dengan mata berakomodasi maksimum yang berjarak 5 mm dari lensa objectif.  Perbesaran total adalah ....   
           A.      16,5              D.  20

           B.      15                 E.  25,5
           C.      10,5

19.  Urutan spektrum gelombang elektromagnetik yang benar untuk variasi panjang gelombang besar ke kecil adalah ....
           A.      sinar x, sinar γ, cahaya biru, cahaya hijau
           B.        radar, cahaya hijau, cahaya biru, radio
           C.        infra merah, ultraviolet, cahaya hijau,
              cahaya biru
           D.       cahaya hijau, cahaya biru, sinar x, sinar
γ  
            E.      cahaya biru, cahaya hijau, infra merah,
 radar

20.  Sebuah gelombang berjalan dengan persamaan y = 2 sin π ( 50t – 0,2x ) cm.  Jika x dalam cm dan t dalam sekon maka
(1)          panjang gelombang 10 cm
(2)          frekuensi gelombang 25 Hz
(3)          cepat rambat gelombang 2,5 m/s
(4)          amplitudo gelombang 5 cm
Pernyataan yang benar adalah ....
           A.(1),(2) dan (3)    D. (4) saja
           B.(1) dan (3)           E. (1),(2),(3) dan (4)
           C.(2) dan (4)
  
21.  Sebuah kisi yang memiliki 2000 garis tiap 1 cm digunakan untuk menentukan panjang gelombang cahaya.  Jika sudut antara garis pusat terhadap garis pada orde pertama adalah 30oMaka panjang gelombang cahaya itu adalah ....
           A.      2,0 x 10-6 m        D.  2,0 x 10-7 m
           B.      2,5 x 10-6 m       E.  2,5 x 10-7 m
           C.      4,6 x 10-7 m  

22.  Enam buah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas 60 dB.  Jika 60 buah sumber bunyi yang sama berbunyi secara serentak maka taraf intensitas yang dihasilkan adalah ....
           A.      54 dB               D.  70 dB
           B.      60 dB               E.  98 dB
           C.      61 dB 

23.  Sebuah ambulan bergerak mendekati pendengar dengan kecepatan 40 m/s sambil membunyikan sirene dengan frekuensi bunyi 900 Hz.  Jika pendengar mendekati ambulan dengan kecepatan 20 m/s dan cepat rambat bunyi di udara 340 m/s maka frekuensi layangan yang didengar oleh pendengar adalah ....
           A.      180 Hz             D.  90 Hz
           B.      100 Hz             E.  84 Hz
           C.      96 Hz 

24.  Dua muatan masing-masing bernilai 2 μF dan 8 μF terpisah sejauh 9 cm.  Jika titik P berada diantara kedua muatan dan memiliki kuat medan listrik nol maka jarak titik P dari muatan 2 μF adalah ....
           A.      2 cm                 D.  6 cm
           B.      3 cm                 E.  7 cm
           C.      5 cm  

25.  Sebuah kapasitor memiliki kapasitas C, luas plat A dan jarak plat d.  Jika kapasitor dengan bahan sama dijadikan 2C, luas plat 3A maka jarak plat menjadi ....
A.     1,5 d                         D.  3 d
B.     2 d                            E.  3,5 d
C.     2,5 d
 
26.  Jika tegangan amperemeter 6 volt maka hambatan dalam amperemeter adalah ....   




A.     1 ohm
B.     2 ohm
C.     3 ohm
D.     4 ohm
E.      5 ohm
 




27.       

              3 Ω

                                                         
                                                 12 V


         6 V        3 Ω

Perhatikan gambar!
                                                                           
 
Besar arus yang mengalir pada rangkaian adalah ....
A.           5 A                  D.  2 A
B.           4 A                  E.  1 A
C.           3 A 
 
28.  Sebuah kawat lurus panjang berarus listrik 10 A. Sebuah titik berada 4 cm dari kawat.  Jika μo = 4 π x 10-7 Wb/A.m maka kuat medan magnet di titik tersebut adalah ....   
A.           π x 10-4 T            D.  1,0 x 10-5 T
B.           1,0 x 10-4 T         E.  π x 10-5 T
C.           5,0 x 10-5 T

29.   Jika arah arus ke timur, arah medan magnet ke selatan maka arah gaya lorents adalah ....
A.     barat
B.     utara
C.     atas
D.     bawah
E.      tenggara

30.  Sebuah kawat yang panjangnya 10 cm berada tegak lurus di dalam medan magnet.  Jika medan magnetnya 0,2 T dan arus yang mengalir di dalam kawat 5 A.  Besar gaya yang dialami kawat adalah .... 
A.     0,5 N               D.  0,2  N
B.     0,4 N               E.   0,1 N
C.     0,3 N
 
31.        Perhatikan gambar berikut! 
                   M
            




Kawat dengan panjang 40 cm digerakkan dalam medan magnet homogen B = 10-2 T dengan kecepatan 20 m/s.  Jika hambatan dalam rangkaian R = 5 Ω maka besar dan arah arus listrik yang mengalir melewati resistor adalah ....
A.     12 mA, M ke N
B.     12 mA, N ke M
C.     14 mA, M ke N
D.     16 mA, M ke N
E.      16 mA, N ke M

32. Pernyataan di bawah ini yang merupakan syarat rangkaian RLC seri beresonansi adalah ....
A.     frekuensi resonansi =
B.     reaktansi induktif = reaktansi kapasitif 
C.     frekuensi sudut sebanding dengan
D.     sifat induktif tidak saling meniadakan dengan sifat kapasitif
E.      induktansi induktor sebanding dengan frekuensi sudut
 
33. 

34.  Menurut Bohr, sebuah atom akan menyerap foton apabila salah satu elektronnya …. 
A.     mengalami transisi ke orbit bertingkat energi rendah
B.     mengalami transisi ke orbit bertingkat energi tinggi
C.     bertukar tingkat energi dengan elektron yang lain
D.     bertumbukan dengan elektron lain
E.      meninggalkan atom itu


35.  Pernyataan yang sesuai dengan pergeseran Wien adalah  panjang gelombang radiasi pada intensitas maksimum ....
A.     tidak tergantung pada warna benda yang dipancarkan
B.     tidak tergantung pada suhu
C.     sebanding dengan suhu pangkat empat
D.     berbanding terbalik dengan suhu
E.      sebanding dengan frekuensi

36.  Seberkas sinar ultraungu dengan panjang gelombang 3000 Ao .  Jika konstanta Planck 6,6 x 10-34 Js dan kecepatan cahaya 3 x 108 m/s maka besar energi sinar tersebut adalah ....
A.     2,0 x 10-19 J               D.  6,0 x 10-19 J
B.     3,0 x 10-19 J               E.  6,6 x 10-19 J
C.     3,3 x 10-19 J

37.  Sebuah atom uranium ditembak dengan sebuah neutron menghasilkan isotop dengan ....
A.     1 neutron                               D.  2 neutron
B.     2 neutron dan 1 proton          E.   3 neutron
C.     2 proton dan 1 neutron                     

38.  Jika massa inti atom   = c sma, massa proton adalah d sma dan massa neutron adalah e sma ( 1 sma setara f MeV) maka energi ikat inti per nukleon adalah ....
A.     f (ad + be – c) MeV 
B.     f (ad + be – ae – c) MeV
C.     f (ad + ae – c)/b MeV
D.     f (ad – ae + be – c)/b MeV
E.      f (ad + be – ae – c)/a MeV

39.  Sebuah fosil ditemukan 10 tahun yang lalu, saat itu mengandung zat radioaktif yang telah meluruh 75 %.  Jika waktu paro radioaktif  100 tahun maka umur fosil sekarang adalah ....
A.           25 tahun     D.  200 tahun
B.           35 tahun     E.  210 tahun
C.           150 tahun

40.  Radioisotop yang dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker karena memancarkan sinar γ adalah ....
A.           Tc-99         D.  I-131
B.           P-32          E.  Na-24
C.           Co-60



Ada kesalahan di dalam gadget ini

Welcome

Selamat datang ke BOX saya
singgahlah
lihat-lihat apa saja hidangan yang ada dalamnya
mana tahu TUAN dan PUAN berkenan
ya download lah
terima kasih
Febrianto Ichigawa